Wild Dancing Thanksgivng Turkey

Pages

Tekanan Darah pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Senin, 29 Januari 2018

TEKANAN DARAH PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Jari yang terluka memancarkan darah
Sumber : google.images.com
Tahukah kamu, dalam aliran darah kita tersimpan fenomena fisika, yaitu hukum pascal. Hukum Pascal berbunyi " Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup, akan diteruskan ke segala arah dan sama besar"

Aliran darah pada tubuh kita berada dalam suatu ruang tertutup yakni di dalam ruang tertutup. Darah mengalir melalui suatu pembuluh darah. Tekanan yang terdapat pada pembuluh darah memiliki prinsip kerja seperti hukum pascal. Hal ini lah yang menjadi alasan, kenapa saat kita terluka, darah akan mengalir keluar dari tubuh. Jantung adalah organ yang memberikan tekanan pada darah sehingga darah dapat mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jadi Dorongan darah pada dinding pembuluh ketika darah mengalir melewatinya disebut tekanan darah.

Agar tekanan darah tetap terjaga maka, pembuluh darah harus terus terisi penuh oleh darah, bila kehilangan darah akibat kecelakaan atau penyakit, tekanan dapat hilang. Akibatnya darah tidak dapat bergerak ke tempat yang dituju sehingga sel-sel tubuh mati karena tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi. Para tenaga medis biasanya memberikan plasma kepada pasien yang kekurangan darah.

Jika orang yang misalnya terkena penyakit tekanan darah tinggi karena kelebihan kolesterol makan pembuluh darahnya akan lebih menyempit. Sehingga jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa lebih keras yang bahkan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Penyebab lain tekanan darah tinggi yang dapat menyempitkan pembuluh darah adalah faktor keturunan, stres, usia, kebiasan merokok, dan minuman beralkohol.

SUMBER: http://science-spaces.blogspot.co.id/2014/12/hukum-pascal-dalam-aliran-darah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS